Ads 468x60px

SMK NEGERI 6 TEBO

Selasa, 15 September 2015

Guru Akan Bayar Sertifikasi Sendiri 2016?


SMKN 6 TEBO, Sapta Mulia - Tahun depan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memberlakukan aturan terkait sertifikasi guru yang tidak lagi gratis.
Bagi guru yang mulai mengajar sejak 1 Januari 2006 wajib menggunakan biaya sendiri untuk biaya sertifikasi.

Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Sumarna Surapranata aturan baru tersebut tertera pada Undang-Undang 14/2005 tentang Guru dan Dosen. Dalam UU itu diamantkan bahwa program sertifikasi yang didanai pemerintah berhenti hingga guru yang sudah mengajar sejak sebelum 1 Januari 2006.

Aturan tersebut tentu menuai kontroversi. Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo mengatakan UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Pasal 82 Ayat (2) sangat jelas menyatakan paling lambat sepuluh tahun sejak undang-undang itu disahkan guru-guru harus sudah S1/D4 dan bersertifikat pendidik.

Sulistiyo mengemukakan semua guru dalam jabatan dan guru tetap harusnya telah disertifikasi paling lambat tahun 2015. Setelah itu pemerintah hanya mengangkat guru yang telah S1 dan bersertifikat pendidik, tentu kalau mampu, sebab pendidikan profesi guru juga tidak jelas keberadaannya.

"Saya ingin menagih janji Mendikbud yang katanya menyayangi dan memuliakan guru. Mendikbud harus menghentikan gagasannya yang aneh dan melanggar UU Guru dan Dosen itu," kata Sulistiyo.

Menurut pendataan tahun 2015, total jumlah guru mencapai 3.015.315 orang. Dari jumlah tersebut, hanya ada 2.294.191 orang guru yang layak mengikuti program sertifikasi. Sedangkan yang 547.154 orang itu adalah guru yang mulai mengajar sejak 1 Januari 2006. (Dikutip dari berbagai sumber)

4 komentar:

  1. SMKN 6 TEBO semoga menjadi sekola terpavorite dan mampu mencetak insan yg berbudi dan cerdas.. aminn
    Samsung Galaxy A8
    Samsung Galaxy A5
    Samsung Galaxy J1 Ace
    Samsung Galaxy J1

    BalasHapus
  2. membaca itu adalah kunci ilmu jadi kita harus sering untuk membanca terimakasih artikelnya memberi informasin buat saya dan jangan lupa lihat juga artikel advannya ya......
    Advan S4
    Advan E1c
    Advan S5e
    Advan Vandroid x7

    BalasHapus
  3. semoga menjadi sokolah paling dituju oleh calon siswa baru dan mampu mencetak siswa yang berprestasi dan berbudi luhur.. amiin.
    Samsung Galaxy J1
    Samsung Galaxy Note 2
    Samsung Galaxy Mini 2
    Samsung Galaxy W

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

 

Our Partner