Ads 468x60px

SMK NEGERI 6 TEBO

Rabu, 02 November 2016

Inilah Persyaratan Pengajuan Penerima Bidikmisi dan Tanya Jawab Tentang Bidikmisi

Sahabat eSeMKaNATo...Siswa SMA/SMK/MA yang lulus pada tahun 2016 dan lulusan tahun 2017 yang mau mendaftarkan kuliah agar bebas biaya dan mendapatkan uang saku selama kuliah ikuti jalur bidikmisi. Oleh sebab itu ikuti terus info tentang bidikmisi.

Sahabat eSeMKaNATo...Di bawah ini penjelasan persyaratan pengajuan bidikmisi pada tahun 2016 yang bisa digunakan sebagai acuan untuk mengajukan bidikmisi tahun 2017. Karena persyaratan ini hampir sama dengan pesyaratan bidikmisi pada tahun 2017. Selain itu di sini dijelaskan tanya jawab tentang Bidikmisi.



INILAH PERSYARATAN BIDIKMISI

Persyaratan untuk mendaftar tahun 2016 adalah sebagai berikut: 
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun 2016
  2. Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing- masing perguruan tinggi
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun
  4. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria: (A). Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau. (B). Pendapatan kotor gabungan orangtua/wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  5. Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya S1 (Strata 1) atau Diploma 4
  6. Memiliki potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan:

a. PTN dengan pilihan seleksi masuk:
    1) Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)
    2) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)
    3) Seleksi Mandiri PTN
b. Politeknik, UT, dan ISI
c. PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk


TANYA JAWAB TENTANG BIDIKMISI

Apakah bisa mengubah pilihan jalur seleksi di laman pendaftaran Bidikmisi ?
  1. Jika sudah memilih salah satu jalur seleksi, tentu tidak bisa dibatalkan.
  2. Silahkan log-in kembali untuk menambah pilihan jalur seleksi sesuai prosedur dan jadwal pendaftaran .
Apakah ada biaya kedatangan untuk penerima Bidikmisi ?
  1. Memberikan biaya kedatangan pertama (satu kali perjalanan dari tempat asal ke PT terkait) bagi penerima Bidikmisi kuota APBN.
  2. Penyerahannya diberikan langsung oleh PT.
Catatan:
  • Untuk transportasi darat, PT menetapkan biaya kedatangan menggunakan zoning (per kota dianggap sama besarannya)
  • Untuk yang diluar propinsi asal dan penerima awal harus diberikan biaya hidup sementara.
  • Untuk kuota APBN-P tidak mendapat biaya kedatangan.
Apakah Bidikmisi Gratis ?

Bidikmisi memberikan fasilitas pembiayaan sebagai berikut Pendaftaran Bidikmisi tidak dikenakan biaya Bidikmisi membebaskan biaya pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan seleksi lokal(mandiri) pada salah 1 PT Jaminan biaya hidup sementara dan transportasi dari daerah asal (khusus untuk yang direkrut sebelum menjadi mahasiswa) Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi Subsidi biaya hidup sesedikitnya Rp600.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah Jika ada pihak pihak yang memungut biaya pada calon pendaftar, pendaftar, atau penerima Bidikmisi diluar ketentuan tersebut bisa melapor ke bidikmisi@dikti.go.id

Apakah Bidikmisi Itu ? Kenapa bukan disebut Beasiswa ?
  1. Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan, berbeda dari beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).
  2. Walaupun demikian, syarat prestasi pada bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.
Apakah Pendaftar Bidikmisi wajib memiliki KIP / KPS / BSM ?

Pendaftar Bidikmisi diharapkan memiliki KIP / KPS / BSM , namun jika tidak maka bisa menyertakan surat keterangan tidak mampu atau surat lainnya yang membuktikan ketidakmampuan untuk memudahkan verifikasi nantinya.

Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2016

Mengenai jadwal kegiatan bidikmisi tahun 2016 dapat dilihat pada laman berikut ini :
  • http://bidikmisi.ristekdikti.go.id/site/page?view=jadwal-penting
  • Perlu kami sampaikan bahwa jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu dan jika terdapat perubahan akan di umumkan melalui laman ini.
Apakah Penerima Bidikmisi bisa pindah Prodi / Daftar Bidikmisi lagi ?
  1. Penerima Bidikmisi tidak diperkenankan mendaftar Bidikmisi kembali di tahun selanjutnya baik di PT yang sama / lain.
  2. Dalam hal pindah prodi, hal ini tunduk terhadap ketentuan masing masing PT, silahkan berkonsultasi dengan bagian kemahasiswaan / akadmik PT terkait.
Apakah bisa perbarui data nama & tanggal lahir dan kondisi ekonomi ?
  1. Untuk perubahan nama, silahkan perbarui terlebih dahulu nama di sistem PDSPK (Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan). Kemudian pada menu BIODATA silahkan pilih tombol PERBARUI NAMA.
  2. Untuk perubahan tanggal lahir dapat dilakukan pada menu BIODATA secara langsung tanpa melalui proses verifikasi administrator.
  3. Untuk pembatalan finalisasi, bisa mengajukan permohonan di menu dan login sekolah, setiap permohonan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
  4. Untuk pengubahan kondisi ekonomi, bisa mengajukan permohonan di menu ekonomi di login siswa, setiap permohonan akan ditelaah oleh operator kami, mohon tunggu s/d 7 hari kerja.
  5. Untuk perubahan nilai akademis, bisa dilakukan di menu rekomendasi siswa di login sekolah
Apakah Sekolah belum terakreditasi diperkenankan mendaftar Bidikmisi ?

Bagi sekolah yang belum terakreditasi ataupun yang akreditasinya masih dalam proses, pihak sekolah tetap bisa melakukan pendaftaran sekolah di laman http://bidikmisi.ristekdikti.go.id dengan mengisikan nilai akreditasi dengan nol (0).

Bagaimana Tahapan Penyaluran Bantuan Biaya Hidup Bidikmisi ?
  1. PT mengirimkan SK/Surat dari pimpinan PT terkait daftar penerima bidikmisi untuk 1 semester / 1 tahun kedepan disertai data pendukung teknis (pelaporan IPK dan atau sofkopi elektronik data penerima dan rekening) (cepat atau lambatnya tergantung mekanisme internal PT)
  2. Direktorat Belmawa melakukan proses SPP, SPM ( kira kira 1-2 Minggu jika data pada tahap 1 lengkap)
  3. KPPN menerbitkan SP2D (Maksimal 1 hari kerja) dan transfer ke rekening penampungan Satker Direktorat belmawa (Ijin kementerian keuangan)
  4. Direktorat Belmawa memerintahkan Bank Mandiri melakukan proses transfer (1-2 hari kerja)
  5. Bank Mandiri melakukan transfer ke rekening penerima (mekanisme internal bank mandiri)
  6. Dari proses 3-5 maksimal 30 hari kalender atau dana harus dikembalikan ke kas negara dari rekening penampungan.
Apakah Wajib Direkomendasikan Sekolah?
  1. Rekomendasi sekolah wajib diberikan pada pendaftar bidikmisi untuk menjamin pendaftar
  2. Tidak mampu secara ekonomi
  3. Berpotensi akademik baik
  4. Dalam kasus luar biasa, seperti sekolah sudah tidak menyelenggarakan pendidikan, sekolah ada pada daerah bencana dan hal lainnya yang dianggap mendesak dan luar biasa pendaftar bisa menghubungi panitia melalui bidikmisi@dikti.go.id untuk diberikan solusi.
  5. Sekolah yang menolak merekomendasikan karena alasan apapun untuk calon pendaftar (baik yang akan lulus / alumni) yang memenuhi persyaratan dapat dilaporkan ke panitia ke bidikmisi@dikti.go.id untuk dikoordinasikan
Kapan dana Bidikmisi cair ?
  1. Mulai bulan maret 2014 sistem pencairan telah disempurnakan yaitu melalui proses online yaitu di http://sipbesar.dikti.go.id
  2. Silahkan isikan informasi pribadi anda disana untuk mengetahui perkembangan pencairan.
  3. Jika data tidak ditemukan berarti memang belum diproses oleh perguruan tinggi.
Kapankah pengumuman bidikmisi?
  1. Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan yang diberikan pada Mahasiswa sehingga pengumumannya adalah selepas anda mendaftar ulang sebagai mahasiswa di PT terkait (jika lulus seleksi masuk).
  2. Setelah mendaftar ulang anda akan diverifikasi kelayakan menerima sebagai penerima Bidikmisi.
  3. DI dalam proses daftar ulang, semua pendaftar Bidikmisi yang sudah mendaftar sesuai prosedur dibebaskan dari biaya daftar ulang dan biaya pendidikan lainnya.
  4. Untuk pendaftar dari luar kota Perguruan Tinggi, akan diberikan pengganti biaya transport yang besaran serta teknisnya diatur PT terkait.
Demikianlah informasi tentang cara mengusulkan sebagai penerima bidikmisi dari sekolah dan tanya jawab tentang bidikmisi. Semoga informasi ini akan memberikan kemudahan sahabat eSeMKaNATo tentang melanjutkan kuliah gratis dengan pasilitas penerima bidikmisi. Semoga info ini bermanfaat. Lebih lengkah informasi tentang BIDIKMISI sahabat eSeMKaNATo bisa di AKSES DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Our Partner