Ads 468x60px

SMK NEGERI 6 TEBO

Selasa, 01 November 2016

Satukan Visi MGMP dan Aktifkan Kembali Untuk Gapai Lulusan Siswa Berkualitas

Sahabat eSeMKaNATo....Setiap tahunnya peringatan bulan Bahasa dilaksanakan pada bulan November. Pada setiap sekolah baik SD/SMP/MTs/MA/SMA/SMK mengadakan kegiatan yang berhubungan dengan Bulan Bahasa. Kegiatan tersebut antarala lain Lomba depat , membuat animasi bahasa, membuat poster dan masih banyak kegiatan untuk menyemarakkan bulan Bahasa.

Sahabat eSeMKaNATo....Seperti kegiatan yang dilaksanakan oleh  MGMP Bahasa Indonesia di Kabupaten Banyumas mengadakan lomba poster tingkat Kabupaten yang diikuti 43 siswa dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) negeri dan swasta yang berlangsung di Gedung Nahdlatul Ulama (NU) Banyumas. Tema lomba dalam Bulan Bahasa tersebut  “Dengan Kegiatan Bulan Bahasa Kita Tingkatkan Pola Pikir dan Ide terhadap Suatu Karya”. (Sumber : Suaramerdeka)

Sahabat eSeMKaNATo....Bagaimana kabupaten/kota lain di Indonesia, apakah melakukan bentuk kegiatan lomba dalam meperingati bulan Bahasa Tingkat Kabupaten.  Karena belum banyak kegiatan ini di laksanakan pada tingkat kabupaten maupun provinsi. Dan sifat kegiatanya masih secara individu masing-masing sekolah.

Begitu juga Pelaksanaan peringatan Bulan Bahasa di Kabupaten Tebo.  Kenapa hal ini terjadi sahabat ?

Disebabkan karena belum adanya kekompakan dikegiatan MGMP Bahasa Indonesia tingkat kabupaten. Bila ada MGMP juga baru dilaksanakan tingkat kecamatan dan hanya dilaksanakan pada semester dua. Selama ini kegiatan MGMP Bahasa Indonesia di Kabupaten Tebo masih membahas tentang masalah UN belum membahas hal lain seperti kegiatan lomba antar sekolah dalam kabupaten yang berhubungan dengan Bulan Bahasa.

Sahabat eSeMKaNATo...Kegiatan MGMP di Kabupaten Tebo masih pasif artinya belum secara kontinyu kegiatan dilaksanakan. Dan MGMP ini masih dilaksanakan per kecamatan belum menyeluruh tingkat Kabupaten setiap minggu atau tiap bulan.

Kelihatannya belum semua Mapel mempunyai kelompok dalam bentuk MGMP sahabat.  Baru beberapa mata pelajaran yang di UN kan. Misalnya SMK, baru hanya Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, MTK dan Kejuruan. MGMP ini pelaksanaanya masih pasif.

Dan mata pelajaran lain di SMK belum mempunyai kelompok dalam bentuk MGMP. Wajar bila terjadi kesenjangan tingkat kemampuan antara sekolah di kota dan di desa. Setelah dicoba dan dibuktikan setiap adanya perlombaan yang berhubungan dengan mata pelajaran atau sains hanya sekolah tertentu yang akan menang.   

Sahabat eSeMKaNATo...Alangkah indahnya bila seluruh Mapel  dari SD/SMP/MTs/MA/SMA/SMK mempunyai kelompok dalam bentuk MGMP yang aktif sehingga dapat merumuskan buku pegangan  hasil dari kegiatan MGMP. Buku tersebutlah sebagai acuan yang diberikan kepada siswa di seluruh tingkat sekolah yang sama dalam Kabupaten Tebo.  Dengan ini  maka akan dihasilkan kualitas yang merata kemampuan siswa antara di kota dan di desa

Kapan akan terbentuk MGMP semua mata pelajaran sahabat ? Itu tergantung dukungan Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga kepada guru-guru yang terlibat mengajar pada mapel yang sama untuk membentuk MGMP.  

Kapan Pendidikan di Kabupaten Tebo satu tingkat dengan Kabupaten di Jawa Tengah sahabat ? Semua tergantung pada pengambil kebijakan di Dinas pendidikan, Kebudayaan dan Olahraga.

Demikianlah informasi tentang perlunya MGMP semua Mapel dan mengakifkan kembali perang MGMP dalam menyatukan visi dan misi dalam merumuskan materi dan pemecahannya serta kegiatan yang perlu dibentuk. Semoga dengan adanya MGMP sahabat, akan meningkatkan kemampuan guru sehingga akan berimbas kepada kualitas lulusan siswa. Semoga info ini bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Our Partner