Ads 468x60px

SMK NEGERI 6 TEBO

Jumat, 07 April 2017

SMK Negeri 6 Tebo Mimpi Melalui LKS 2017 Tingkat Nasional

Sahabat eSeMKaNATo....Direktorat Pembinaan SMK (Dit.PSMK) kembali menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Nasional ke 25 yang akan diselenggarakan di Kota Surakarta pada tanggal 16-18 Mei 2017.

LKS tahun ini akan memperlombakan 53 bidang keahlian yang terbagi dalam empat kategori, yakni bidang Teknologi, Pariwisata, Pertanian dan Kriya. Selain itu, ada juga lomba produk inovasi dan software creation.

Kasubdit Perserta Didik Direktorat PSMK, Ir. Nur Widyani MM mengatakan 90% juri dalam LKS tahun ini berasal dari dunia usaha dan dunia industri. Sementara sisanya berasal dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK).

Sahabat eSeMKaNATo, Oleh karena itu Nur Widyani berharap, setiap sekolah di semua provinsi ikut berpartisipasi lantaran ini merupakan kesempatan emas untuk menunjukan kemampuan siswa SMK kepada masyarakat luas.


“ini merupakan upaya kita untuk mempromosikan siswa SMK, karena dengan ini mereka bisa menunjukan keahliannya kepada dunia industri dan memiliki kesempatan bekerja di perusahaan yang sesuai dengan minatnya,” sebut Nur Widyani dalam acara Video Conference menyambut LKS ke 25 di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), kemarin.

Begitu juga dengan SMKN 6 Tebo dengan adanya kesempatan mengikuti seleksi LKS ke 25 tahun 2017 sebagai ajang untuk meraih mimpi menuju ke Surakarta. Dengan langkah ini maka SMKN 6 Tebo bisa dikenal oleh masyarakat Indonesia. SMKN 6 Tebo Mimpi melalui LKS 2017 Tingkat Nasional  semoga Terwujud. 

Nur Widyani mengatakan, tujuan utama pihaknya rutin mengadakan LKS setiap tahun adalah mengetahui sejauh mana kemampuan kompetensi peserta didik yang diwakili setiap provinsi. Hal itu merupakan langkah Dit.PSMK mewujudkan kesetaraan mutu pendidikan siswa, yang sejalan dengan Intruksi Presiden Nomor 9 Tentang Revitalisasi SMK.

“Sehingga pemerintah pusat tahu peta kualitas anak dari setiap provinsi dan melihat sejauhmana kesenjangan kualitas kompetensi antara siswa yang berasal dari Pulau Jawa dan luar Jawa, dengan demikian pemerintah akan membuka tangan untuk mewujudkan impian siswa bekerja sesuai dengan keinginannya,” sebut Nur Widyani.

Sahabat eSeMKaNATo, Selain itu, dalam acara tersebut juga diisi seminar oleh key note speaker dari dalam dan luar negeri, tujuannya untuk membagikan pengalaman mereka seputar dunia industri dan dunia usaha (Du/Di)kepada para perserta.

Sementara untuk hadiah, Nur Widyani mengatakan selain tropi dan sertifikat, panitia juga sudah menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan kepada perserta yang berhasil menyabet gelar juara 1,2 dan 3.

Sahabat eSeMKaNATo...Kemdikbud sudah menggandeng beberapa Perguruan Tinggi Negeri untuk hadir dalam LKS tahun ini. Harapannya, agar PTN bisa memberikan beasiswa kepada para siswa berprestasi. “Kita selalu mengabarkan dunia industri dan PTN, supaya dunia usaha bisa menyiapkan perusahaannya untuk merekrut siswa berprestasi ataupun PTN untuk memberikan beasiswa,” sebut Nur Widyani.

Sahabat eSeMKaNATo, proses pendaftaran sudah bisa dilakukan secara online sampai tanggal 11 April 2017. Pendafataran untuk 53 bidang keahlian, bisa membuka situs Dit.PSMK secara langsung melalui link http://pesertadidik.ditpsmk.net/reg

Namun, Nur Widyani mengingatkan agar peserta yang pernah mengikuti LKS tingkat Nasional untuk tidak mendaftar. Sebab, pihak panitia akan mendiskualifasinya.

Sementara untuk Produk Inovasi dan Software Creation bisa melakukan pendaftaran melalui https://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-lks-online

Khusus untuk produk inovasi dan software creation, nantinya panitia akan mengambil 10 tim terpilih berdasarkan tingkat kreatifitas dan manfaat produk untuk masyarakat luas. “Produk yang didaftarkan juga harus orisinil berupa produk jadi dan belum pernah dilombakan dalam acara yang diselenggaran oleh Dit.PSMK,” tutup Nur Widyani. (Sumber : psmk.kemdikbud.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Our Partner