Ads 468x60px

SMK NEGERI 6 TEBO

Selasa, 05 September 2017

Bupati Tebo : Pencerahan dan Penguatan pada Dialog MKKS, KKKS, Komite Sekolah dan Satgas Saber Pungli

Salam Skanato....Dunia Pendidikan di Kabupaten Tebo  terutama sekolah negeri  sekarang lagi trauma dengan adanya penyelidikan hukum ke salah satu sekolah kejuruan negeri  satu bulan yang lalu.  Karena tekait adanya pungli. Agar hal ini  tidak menimbulkan kecemasan dari pihak sekolah dan komite dalam menggalang dana dari masyarakat, maka Forum Komunikasi MKKS dan KKKS Kabupaten Tebo mengadakan dialog terbuka MKKS, KKKS dan Komite sekolah dengan Satgas saber pungli Kabupaten Tebo.

Tujuan dilakukan dialog ini untuk menselaraskan antara perpres nomor 87 tahun 2016 tentang pembentukan satgas saber pungli dengan  permendikbud nomor 75 tahun 2016.

Jumlah undangan dialog terbuka pada hari Selasa, 5 September 2017 ditujukan untuk komite, bendara komite dan kepala sekolah baik SD, SMP, SMA , SMK dan pengawas adalah  274 orang.  Dialog terbuka dihadiri oleh Bupati Tebo Sukandar, kemudian didampingi oleh Kalpolres Tebo Sebagai satgas seber pungli, Kajari Tebo, Dinas Pendidikan Kabupaten Tebo dan Inspektorat  Tebo. Pelaksanaan di Aula Bupati Tebo






Sebelum pembahasan pokok dialog, Kita bangsa Indonesia harus menghormati  penggunaan bahasa yang baik dalam mengucapkan dan menjelaskan serta memahami apa arti sebenarnya pungli. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia, pungli adalah anonim dari pungutan liar. Dalam KBBI memungli artinya meminta berupa (uang atau sebagainya) kepada orang (lembaga, perusahaan dan lainnya) yang  tidak diatur dalam peraturan yang lazim.

Dialog terbuka MKKS, KKKS, Komite dengan satgas saber pungli dibuka oleh bapak Bupati Kabupaten Tebo Sukandar.  Menurut Sukandar  selaku Bupati Tebo  ingin meningkatkan kemajuan Tebo dalam hal membangun infrastuktur, peningkatan  sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan dll.

“Maka kepada bapak ibu yang hadir dalam dialog mari kita samakan perpeksi. Kami juga kuwatir bila bapak ibu Kepala sekolah dan komite sekolah ketakutan menggalang dana untuk meningkatkan mutu dan kualitas Sekolah, “ tutunya

Dia menjelaskan  Tebo adanya  sekolah unggulan SD, SMP, SMA dan SMK, bila ada ketakutan dan kekuwatiran  bapak ibu Kepala sekolah dan komite sekolah menggalang dana ke masyarakat dimana  adanya satgas seber pungli  masuk ke sekolah maka akan menyebabkan kemunduran  sekolah negeri di Kabupaten Tebo. 

"Itu yang menjadi pertanyaan dari Komite sekolah kepada bapak Kalpolres Tebo,"katanya 

Suasana dialog terbuka Sekolah dengan satgas saber pungli bersahabat  dan banyak  pertanyaan yang diberikan pada sesi tanya jawab . Dalam dialog tersebut dibuka tiga sesi yakni sesi pertama dari pihak komite sekolah SD,SMP dan SMA, sesi kedua dari kepala sekolah SD,SMP dan SMA, sesi ketiga LSM, Kepala SMK dan Komite SMK.

Kesimpulan dari hasil pertanyaan-pertanyaan dari bapak ibu kepala sekolah, komite  dan LSM adalah sebagai berikut : 
  1. Kajari Tebo mengatakan  lanjutkan menggalang dana melalui sumbangan atau bantuan sekolah melalui komite sekolah, yang mengelola juga komite sekolah dan  jangan dari Kepala sekolah atau guru 
  2. Kalpolres Tebo sebagai satgas saber pungli kami mendukung  yang disampaikan pak Kajari tetapi bila adanya aduan dari masyarakat tetap kami tindaklanjuti.

Dari kesimpulan tersebut kepala sekolah dan komite sekolah  masih ragu dan kuwatir karena belum ada titik kepastian yang membuat kenyamanan komite dan kepala sekolah untuk melaksanakan tugasnya dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolahnya.

Kemudian menurut perwakilan Kapala sekolah SMKN 6 Tebo yakni wakasek Kesiswaan dan juga penulis website sekolah Budi Laksono, meminta bantuan kepada Bupati  Tebo untuk memberi penguatan berupa perbup dalam hal penggalangan dana oleh komite sekolah menggunakan batasan sumbangan terendah dan sumbangan tertinggi. Dan kami minta bantuan kepada Bupati Tebo untuk menyampaikan kepada bapak gurbenur Jambi  pada  hal sama memberikan penguatan  berupa pergub dalam hal penggalangan dana oleh komite sekolah SMA dan SMK menggunakan batasan sumbangan terendah dan sumbangan batasan tertinggi.  Sehingga komite dapat menggalang dana pada batasan tersebut

Sebelum ditutup acara dialog terbuka ini, Pencerahan  yang diberikan Bapak Bupati Tebo Sukandar kepada kepala sekolah dan komite sekolah  yang meminta surat penguatan  nanti kami bicarakan dengan muspida dan penegak hukum tapi dalam inti penguatan tersebut bukan pungutan tapi sumbangan atau bantuan.

Bupati Tebo juga meminta tolong kepada Kajari Tebo dan Kalpolres Tebo  memberikan perlindungan kepada komite sekolah dan Kepala sekolah dalam hal penggalangan dana untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di Kabupaten Tebo.  Apabila sumbangan atau bantuan disalahgunakan untuk kepentingan pribadi maka silahkan kepada  kalpolres dan kajari untuk ditindaklanjuti sesuai hukum yang berlaku.

Demikanlah  informasi tentang dialoh terbuka MKKS,KKKS, Komite Sekolah dan Satgas Saber Pungli dengan tema menyikapi perpres 87 tahun 2016 dan permendikbud 75 tahun 2016. Semoga dengan pencerahan yang diberikan Bupati Tebo Sukandar menjadi landasan komite sekolah dan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya. Semoga  penguatan berupa  perbub dalam penggalangan dana melalui sumbangan  komite sekolah segera terbit. Semoga info bermanfaat.

(Sumber : Juragan Kuncimedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Our Partner