Ads 468x60px

SMK NEGERI 6 TEBO

Sabtu, 30 September 2017

Rohis itu Keren dan Asik

Salam Skanato...Apakabar sahabat Rohis yang dimuliakan oleh Allah. Sahabat apa sih ekstrakurikuler itu? Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik diluar jam belajar kurikulum standar. Ekstrakurikuler dilakukan sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dibawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau diluar minat yang dikembangkan oleh kurikulum. Kegiatan ekstrakurikuler  Di SMKN 6 Tebo dilakukan untuk melengkapi kegiatan belajar peserta didik.

Sahabat apa sih kepanjangan dari Rohis itu?  Rohis kepanjangan dari Rohani Islam sebagai sub seksi dalam struktur kepengurusan OSIS merupakan wahana (media) kegiatan keagamaan peserta didik yang beragama Islam. Ekstrakurikuler Rohis dapat disimpulkan merupakan kegiatan yang menghimpun peserta didik yang beragama Islam dalam rangka pembentukan karakter siswa menjadi lebih memahami prinsip dirinya, sehingga menjadi peserta didik yang dibekali dengan pengetahuan agama. Jadi ketika sudah menyelesaikan pendidikanya di tingkat SMA/SMK, mereka sudah mencerminkan akhlak dan budi pekerti yang baik.

Rohis di SMKN 6 Tebo baru berjalan kegiatannya pada tahun 2017 ini. Rohis merupakan sub organisasi dinaungan OSIS. Semoga sejalan dengan perkembangannya nanti, Kami harapkan Rohis mampu berdiri sendiri tanpa naungan dari OSIS. Begitu penjelasan Budi Laksono, Wakasek Kesiswaan SMKN 6 Tebo.

Inilah Kegiatan Rohis Sabtu, 30 September 2017






Menurut wakasek Budi laksono yang sering dipanggil pak Budi, pengurus Rohis belum mempunyai program kerja khusus melalui bidang-bidang.  Pada Rohis biasanya mempunyai beberapa bidang yakni bidang dana dan usaha, bidang syiar dan da’wah, bidang pengembangan tilawatil Qur’an, bidang kaderisasi dan bidang seni budaya Islam. Umpanya punya beberapa diantara yang disebutkan juga pengurus SMKN 6 Tebo belum tahu apa tugas pokok masing-masing bidang.

Kegiatan Rohis SMKN 6 Tebo dibawah pembinaan Suryanto. Dan kegiatan dilakukan satu minggu sekali setiap Hari Sabtu setelah pulang sekolah. Jumlah anggota Rohis pada tahap awal baru 15 peserta didik tetapi yang aktif mengikuti 9 peserta didik dalam kegiatan setiap minggunya. Semoga kedepan jumlah  yang bergabung dengan Rohis semakin banyak.

Sekolah melalui wakasek kesiswaan berkoordinasi dengan pembina Rohis pada Sabtu, 30 September 2017 mengudang FPRJ (Forum Peduli Remaja Jambi) yang diwakili oleh Mas Aris ketuanya untuk mengisi mentoring tentang penting niat mengikuti kegiatan Rohis. Mulai Hari ini sekolah berkerjasama dengan FPRJ untuk pembinaan. Ustad-ustad Muda dari FPRJ akan mengisi mentoring setiap satu bulan sekali kepada adik-adik di Rohis SMKN 6 Tebo. Pada pertemuan perdana ini, Mas Aris dengan adik-adik Rohis didampingi oleh Budi laksono waka Kesiswaan saja. 

Menurut Mas Aris, Rohis tidak selalu kegiatan di lakukan di mussola tetapi bisa juga sambil rerkreasi atau pelaksanaan kegiatan ditaman dibawah pohon yang ridang. Paling penting suasananya nyaman.  Mas Aris juga menambahkan kegiatan Rohis tidak selalu materi saja yang diberikan tetapi juga adanya kegiatan kelapangan seperti berolahraga. Didalam kegiatan Rohis itu ada bansos, peduli sesama muslim, out band, latihan gabungan dengan Rohis sekolah lain, bermusik melalui nasyid dan masih banyak lagi kegiatannya. “Bila nanti dalam kegiatan Rohis selain pemberian materi, misalkan out band atau kuis/permainan kami bila diperlukan siap membantu,” tuturnya.

Gak salah bila SMKN 6 Tebo mempunyai Rohis karena sebagai wadah pendidikan berkarater sesuai kurikulum 2013. Maka oleh sebab itu siswa-siswi SMKN 6 Tebo rugi bila tidak bergabung. Ayo bergabunglah ke Rohis. Rohis itu keren dan asik

Demikianlah informasi tentang  pentingnya mengikuti kegiatan Rohis karena, Rohis ternyata sejalan dengan pembentukan karakter siswa pada pelaksanaan kurikulum 2013. Semoga dengan pemahaman ini akan memberi wawasan siswa siswi untuk bergabung dengan Rohis. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Our Partner